4 Tanggung Jawab Manajer yang Penting
Hi Para Leaders & Managers........
Sehat selalu ya.....
Sekedar review terkait peran & tanggung jawab seorang Pemimpin / Manajer yang andal (Good Manager), yaitu terbagi menjadi 4 hal penting:
- MANAGING CHANGE
Dua tugas utama seorang manajer adalah memberikan hasil maksimal (deliver best result) dan mempertahankan anggota tim yang berprestasi (retain best talent). Untuk melakukannya, setiap manajer pertama-tama harus mampu mengelola perubahan, baik yang terjadi di luar maupun di dalam perusahaan / komunitas / organisasi / tim.
- MANAGING TEAM
Jika pada awalnya seseorang hanya bertanggung jawab atas produktivitas dan kinerjanya sendiri, maka sekarang, seorang manajer bertanggung jawab untuk menginspirasi, memotivasi, dan mengarahkan anggota tim agar berhasil mencapai sasaran dan target tim.
- MANAGING TASK
Manajer andal harus mampu menentukan sasaran kerja (setting objectives) yang bisa menggunakan konsep klasik yang masih sangat efektif, yaitu Plan, Do, Check, Action (PDCA). Manajer juga harus mampu melakukan delegasi dengan benar dan tepat, yaitu membagi tugas sesuai bagian dan kemampuan masing-masing anggota tim.
- MANAGING PERFORMANCE
Mengelola kinerja pada prinsipnya adalah bagaimana seorang manajer berhasil mendorong anggota tim agar mencapai sasaran yang sudah disepakati bersama sesuai tugas yang telah didelegasikan.
(From I'M A LEADER, by Eloy Zalukhu & Andi Iskandar)
Demikian Tulisan kali ini, semoga bermanfaat.
Salam Cinta, Sukses, Sehat, Bahagia dan Berkah.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar